Migrasi burung raptor

Horay sekarang udah bulan oktober, berarti bulan depan itu november dan bulan depannya itu desember, trus bulan depannya sudah tahun 2014 dan kita semua semakin tua, semakin tak berdaya, semakin bingung dan semakin panik, lalu kapan saya lulus? *curhat. sudahlah tak usah panik dan bercucuran keringat begitu, waktu masih panjang, sobat. yang penting kamu jangan lupa TA (titip absen) hahaha * eh ini jangan diikutin yah. ah kita ke permasalahan utamanya yaitu artikel di blog ini belum juga bertambah yah, hiks. *sibuk. AH, BUKAN ITU PERMASALAHANNYA, karena sekarang bulan Oktober berarti itu saatnya MIGRASI TIME!!

Di tahun 2013 ini ternyata para pendatang dari luar negeri masih setia mengunjungi negeri kita Indonesia, para burung migrasi dari dataran China, Jepang dan Siberia ini mulai terlihat di langit biru kota Bandung dan biasanya lewat Jatinangor loh. makanya kalo sempat curi-curi pandang ke arah langit, mungkin kalian beruntung bisa melihat kawanan burung ini terbang di langit biru.

Migrasi? apaan yah itu? Migrasi merupakan salah satu pergerakan makhluk hidup dari suatu tempat ke tempat lainnya karena ada sesuatu yang terjadi di wilayah asalnya, entah itu karena banjir, kekeringan, merasa bosan ataupun karena kurangnya sumber daya. mereka mencari hal yang mereka inginkan ke wilayah lainnya untuk bertahan hidup, entah karena banyaknya pemburu ataupun wilayah asalnya sudah parah ga ada makanan karena sekarang di daerah asalnya sedang musim dingin ekstrem, suhu udara yang sangat dingin memaksa mereka untuk mencari tempat yang lebih hangat, burung yang migrasi dari daerah ini biasanya terbang menuju ke arah tenggara, melewati negara thailand, Malaysia, Filipina dan akhirnya ke Indonesia, lalu menetap selama beberapa bulan lalu kemudian pulang kembali ke daerah asalnya.

Burung migrasi di udara

Banyak jenis burung yang bermigrasi ke Indonesia, mulai dari burung layang-layang, burung air, burung kicau, dan salah satunya yang akan kita bahas adalah burung raptor. Apakah itu burung raptor? burung pemakan daging, mungkin kalau di indonesia lebih dikenal jenis elang dan alap-alap. Kenapa burung raptor? karena burung ini adalah burung paling perkasa dibanding burung lainnya, karena mereka adalah burung pemakan daging dan juga dijadikan simbol negara kita Indonesia. selain itu karena burung ini yang paling sering terlihat di daerah Bandung dan Jatinangor, senang bergerombol dan (kadang) dapat terlihat tanpa teropong. Tentu ini hal yang menarik karena tidak semua orang menyadari kedatangan mereka dan ini bisa jadi tontonan yang sangat sangat sangat menarik apalagi ketika sedang bengong, percaya deh.

Burung raptor yang datang ke Indonesia yang tercatat setiap tahunnya dan sangat umum terlihat adalah burung sikep madu asia (Pernis ptilorhynchus), Elang alap china (Accipiter soloensis) dan Elang alap nipon (Accipiter gularis).

Elang sikep madu asia
Elang alap nipon
Elang alap china (masih remaja)

Elang alap china (dewasa)

Lalu dimana burung ini terlihat? kalau sedang jalan-jalan ke kawasan Utara kota Bandung, Lembang atau Puncrut, dapat main ke Tangkuban Perahu atau Panaruban. Sekarang juga sedang ada pengamatan di daerah gunung batu, dan dapat ikut serta setiap hari sabtu dan minggu, mulai dari pagi sampai siang. sekalian jalan-jalan hehe. Untuk di daerah jatinangor belum nemu spot yang asik, tapi sebisanya cari tempat terbuka, mungkin seperti lapangan merah, atau di arboretum. Belum coba di gunung geulis, tapi kayanya spot-nya bagus untuk pengamatan.

Kapan burung ini terlihat? Dari pagi sampai sore hari

Apa untungnya saya melihat? ini fenomena satu kali dalam setahun, belum tentu orang lain pernah lihat, salah satu saksi migrasi burung raptor, kalau rajin bisa menghitung jumlah burung dan datanya dapat dikirim ke organisasi pengamat burung raptor migrasi trus dapat pahala.

Kalau saya terlewat waktu migrasi ini, kapan saya bisa lihat lagi? bulan september- november tahun depannya lagi

So, selamat mengamati!

Comments

Hot Pages

Apakah itu Caldera?

How to: Cara Membuat mi instan di gunung