Penelitian Burung di Gunung Arjuno

Burung merupakan satwa yang sangat unik. Betapa tidak, dari sekian banyak makhluk yang ada di dunia, hanya burung yang mampu melintasi angkasa dengan kedua sayapnya, menyaksikan fenomena keindahan alam, dan mendamaikan pagi petang dengan kicauannya. Mungkin, kalau tidak ada fauna jenis ini, mungkin tidak ada pula tumbuhan di dunia ini. Bayangkan saja, jika tidak ada burung maka tidak ada persebaran biji dan benih tumbuhan yang mampu menghidupi seluruh kehidupan dunia. Well, it's just an opinion.
Uniknya jenis satwa ini menarik perhatian kami KPPA Caldera Kema FMIPA Unpad untuk meneliti keanekaannya di salah satu gunung di timur Pulau Jawa tepatnya di Jalur Kaliandra, Gunung Arjuno. Pendakian sekaligus penelitian kali itu dilakukan oleh enam orang, yaitu Fathimah, Shintia, Antono, Imbar, Ogi dan Yohana.
Untuk lebih jelasnya mengenai penelitian ini, berikut kami sajikan ebook sederhana mengenai hasil penelitian yang sudah dilakukan. Adapun untuk deskripsi kami menggunakan Field Guide McKinnon sebagai acuan.
Semoga Bermanfaat :))

Comments

Hot Pages

Apakah itu Caldera?

How to: Cara Membuat mi instan di gunung

Migrasi burung raptor