Apakah itu Caldera?

Caldera merupakan suatu bentuk kawah yang tercipta dari letusan gunung berapi. kata 'Caldera' berasal dari bahasa Spanyol yaitu "CALDERA" dan bahasa latin yaitu "CALDARIA" yang berarti 'wadah memasak'. 
kata 'Caldera' diperkenalkan oleh seorang geologis berkebangsaan Jerman,  Leopold von Buch yang sempat mengunjungi  Caldera Las CaƱadas Teide di Tenerife dan Caldera Taburiente di La Palma yang keduanya ada di kepulauan Canary. 
Caldera terbentuk karena adanya pengosongan ruang magma di bawah gunung berapi. apabila magma keluar, maka ruangan tanah yang kemudian kosong tidak akan kuat menahan lapisan atas gunung berapi. 


Tahapan pembentukan Caldera saat letusan gunung berapi.
Lapisan atas yang runtuh dapat disebabkan oleh satu letusan dashyat atau mungkin terbentuk dari beberapa kali letusan secara bertahap. Luas total runtuhan ini dapat mencapai ratusan atau ribuan kilometer persegi. caldera juga dapat terbentuk bukan karena letusan tetapi karena lava mengalir keluar dari ruang magma seperti aliran sungai, seperti  Kaldera Taburiente dan Caldereta di kepualauan Canary yang terbentuk 500.000 tahun lalu.

Contoh-contoh Caldera yang berada di Indonesia adalah Caldera danau Toba di Sumatera Utara dan Caldera Tengger di Jawa Timur. 

Caldera Toba terbentuk sekitar 75.000 tahun yang lalu. Toba adalah sebuah gunung berapi. Danau Toba merupakan Caldera yang terbentuk akibat meletusnya Gunung Toba sekitar tiga kali yang pertama 840 ribu tahun lalu dan yang terakhir 74.000 tahun lalu. Bagian yang terlempar akibat letusan itu mencapai luas 100 km x 30 km persegi. Daerah yang tersisa kemudian membentuk kaldera. Di tengahnya kemudian muncul Pulau Samosir.  

Danau Toba dilihat dari Google Earth

Danau Toba
Sementara Caldera Tengger terletak di ujung utara dari massif vulkanik gunung berapi Semeru. Dengan luas 16 Km. Kompleks kawasan vulkanik Tengger terdiri dari lima stratovolcanoes tumpang tindih, masing-masing dipotong oleh sebuah kaldera, yang ditinggalkan oleh ledakan gunung berapi kuno sekitar 150 000 tahun yang lalu. Gunung Bromo berada di tengah kaldera ini yang merupakan gunung termuda dan yang masih aktif sampai sekarang, dikelilingi oleh lautan pasir Tengger, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Map Caldera Tengger
Caldera Tengger
Caldera Bromo

Comments

Hot Pages

How to: Cara Membuat mi instan di gunung

Migrasi burung raptor